Wednesday, February 29, 2012

Cerpen : @tiaaratieer

RASA INI


 “Ranasya Kiera.” Panggilan bu Henni untuk mengabsen murid-muridnya. Dan kelas hening ,tidak ada jawaban dari si empunya nama.
            Absen lagi. Gumam Bu Henni sambil menuliskan Alpha. Keterangan untuk murid yang 
tidak hadir sekolah tanpa keterangan.

***

            “Lu gila ya bolos lagi mau jadi apa lu ,cha? Lu udah tau Bu Henni tuh udah pasang status waspada sama lu,malah dipancing. Bentar lagi meletus tuh Bu Henni lu bikin. Ck!” rentetan omelan keluar dari mulut Gita,setibanya ia dirumah sahabatnya itu.
            Sementara acha ,begitu nama panggilannya, hanya cengengesan melihat sahabatnya itu. “ahelah Git lu bawel banget serius deh. Kan gue gaenak badan Git, kepala gue sakit lagi nih,lu ih kerjaannya negative thinking mulu ke gue. Udah kelas 3 nih Git ga bakal lah gue cabut karena malesan.”
            “gue udah tau lu banget acha. Dari SD lu udah gini nih kelakuannya. Males.” Masih saja Gita melanjutkan omelannya. Bukannya apa apa,tapi Acha itu udah jadi kayak target operasi banget deh di sekolah. Suka bolos gitu. Alasannya sakitlah ,telat bangunlah ,ada aja. Sebagai sahabat Gita pengen ngingetin aja sih biar dia gak banyak ketinggalan pelajaran.

            “udeeh ah,yuk makan yuk. Belum makan kan lu? Masak mie yuk,ayolaah” dengan cuek Acha menarik tangan Gita untuk turun ke dapur.

            “lu sih ngeyel cha. Yaudah deh” akhirnya Gita pun menyerah dan berdiri.
            Entah hanya perasaannya saja,tapi hari ini wajah Acha terlihat berbeda. Sedikit.. pucat? Ataukah habis menangis?

***

            “hey ,Ka udah sampe rumah ya? Kamu kenapa malem banget,Ka? Sapa Acha saat telepon di seberang sana diangkat.
            “iya nih tadi asik aja mainnya sama anak anak.” Singkat padat. Tepat sesuai yang ditanyakan.

            Tidak terkejut. Sudah terlalu terbiasa. “iya Ka yaudah istirahat aja ya. Ka ,tadi kan acha belum masuk juga,………..”  seperti mencoba peruntungan,Acha mencoba memulai topik.

            sayangnya ,gagal. Belum selesai Acha bicara , Raka sudah menjawabnya ,”Acha,Rakanya ngantuk banget. Tidur duluan,ya?”
            Crap ! bukan sedih lagi yang terasa di hati nya. Tidak ada lagi ruang untuk itu. Hanya sekilas dia tersenyum. Pahit. “oh iya Ka,nice dream ya. Dadah”
            Dan telepon pun ditutup. Oleh Raka. Kekasihnya.

***

            Sambil bernyanyi pelan, Acha melangkahkan kakinya ringan di koridor sekolahnya. Semangat pagi kalo kata iklan-iklan. Di kelas,seperti biasa,Acha yang pertama dateng. Unik kan? Tukang bolos tapi kalo giliran sekolah dia jadi yang pertama dateng.
            Tak lama, beberapa temannya mulai berdatangan dan mengobrol di dalam maupun luar kelas. Tak lama terlihat Gita berjalan bersama Dito,anak kelas IPA.
            Dito. Dulu waktu pertama masuk sekolah Acha pernah akrab sma Dito. Dito itu baik. Baik banget. Tapi karena jadian sama Raka dan Raka sangat tidak suka Acha akrab dengan cowok,perlahan Dito menjauh.
            Saking asiknya mengingat kenangan dulu, Acha sampai tidak sadar Gita sudah ada di depannya. “hey ! ngelamun aja lo pagi pagi nih cha,dasar”
            “hahaha apaan sih lo ah berisik tau gak. Gue lagi menikmati saat saat lamunan gue nih. Bentar lagi pelajaran Pak Wardi ,doi killer kan you know la.” Acha melanjutkan kembali duduk sambil tersenyum sendiri sementara Gita manyun dan masuk ke kelasnya,di sebelah kelas Acha.
            Perlahan setelah Gita pergi,senyum di wajah Acha itu memudar. Dan hilang.

***

            Ka,disini hujan. Aku gak bisa lihat bintang,Ka. Sama kayak sekarang,aku gak bisa liat kamu.Lagi apa,Ka? Aku kangen…. Pengen ketemu,Ka.
            Dan kali ini ,Acha menangis.

***

            Raka dan Acha pacaran jarak jauh. Bahasa kerennya sekarang sih LDR-an. Awalnya terasa biasa,mudah. Asalkan ada cinta itu cukup. Cukup untuk mempertahankan suaturelationship. Tapi,melewati 3 tahun ,semakin lama dijalani,makin menyadarkan Acha. Cinta saja tidak pernah bisa cukup. Selalu ada saat-saat dimana ada semacam dorongan dari dalam dirinya untuk merasakan kehadiran nyata. Real. Bukan melalui visual,ataupun dunia maya. Tapi setiap Acha ingin menyudahi ada perasaan yakin yang secuil muncul lagi ,terus begitu. Sampai akhirnya niat itu ter-urungkan.
            Belum lagi Raka. Sikapnya. Raka itu orangnya cuek. Jadi terkadang Acha ngerasa,Raka itu kayak ga ngarepin lah ada nya dia.
            Semakin lama semakin sulit saja. Hal itulah yang perlahan mengubah Acha menjadi seorang yang pendiam dan tertutup. Bahkan kepada Gita.

***

            “Acha,lu hari ini kemana,gue bete ih pengen main dong kerumah lu. Boleh gak?” belum belum,minggu pagi Acha sudah diributkan dengan telepon dari Gita.

            “yaudah dateng deh buruan. Si mama masak nasi goreng nih. Cepetan lu,kalo ga ntar gue abisin” ancam Acha.

            “sebenernya gue udah sarapan sih,tapi gue pengen deh. Sisain ya,cha. Awas lu kalo diabisin gak gue bantuin ngeles lagi lu kalo bolos” sekarang malah Gita yang mengancam.
            Acha nyerah, “iyaa bawel,dadah.” Acha langsung menutup teleponnya sebelum mendengar ocehan nyaring Gita lagi.

***

            “kamu tuh udah dibilang baru nyampe rumah kan jangan langsung telepon dulu. Raka capek banget nih,cha. Kenapa sih jadi orang tuh ga ngertiin banget.”
            Dibentak lagi. Kali ini tak bisa ditahan,Acha menjawab. “tapi kita kan  hari ini ga ada telponan kali,Ka. Apa salahnya sih. Aku juga telpon Cuma sebentar kan,Cuma sekalian pengen dengar suaranya aja,Ka. Kangen kali. Aku tuh ga ada di dekat kamu,Ka. Wajar kan!” Acha menjawab dan langsung menutup teleponnya.
            Belum sempat airmatanya jatuh,terdengar panggilan Gita dari depan kamarnya.

            Sambil memasuki kamar Acha, Gita rebut seperti biasa “soorryyyy gue telat ya,,tadi mama tuh nyuruh aku beli bahan kue di tokonya Bu joko. Katanya mau nyoba menu baru gitu deh”. Tapi, cerocosan Gita berhenti menyadari Acha kelihatan tidak fokus. Sambil mencoret coret kertas,Acha berkata pelan “ntar bagi ya kuenya,gue pengen juga tuh nyobain eksperimen nyokap lu,haha” 

            “ih kirain mau bilang apaan. Lagian bilang gitu doang pake segala syahdu gitu. Sengaja nyari moment lu ya,haha” dan mereka pun tertawa.
            Tertawa ngakak di bagian Gita. Dan tawa….. dengan jatuh setetes airmata di bagian Acha yang langsung secepatnya dihapusnya.

***

            “kenyaaaaang,asli ya nasi goreng masakan nyokap lu ga ada tanding ga ada banding deh Cha.”
            “sama aja juga sama nyokap lu. Bedanya nyokap lu tuh hobinya kue ,Git.”
Entah kenapa tiba-tiba Gita pengen aja gitu nanya, “lu gimana sama Raka ,Cha?”
            Pertanyaan yang tiba-tiba tapi menyentak. Sejenak terdiam, akhirnya Acha bercerita. Tentang dia dan Raka yang mulai “dingin”. Tentang Raka yang cuek. Semuanya yang lama dia simpan sendiri.

***

            Sms masuk.
Sender : Raka♥
            yang,lagi ngapain? Kangen”
Singkat tapi terasa hangat. Jarang jarang Raka bilang “yang” . dan… “kangen” ? pengen lompat lompat rasanya. Cepat , Acha mengetik sms balasan.
            “acha lg ntn aja. Kangen jg,Ka”
Sambil tersenyum, Acha menunggu balasan Raka. Akhirnya Raka luluh juga sama kesabaran aku. Akhirnya ,makasih Tuhan.

Sender : Raka♥
            “kangen kan cha? Kalo kangen kita bisa apa cha? Ga bisa apa apa kan? Justru hal ini cha yang bikin aku ngerasa apa yg kita jalanin tuh,percuma cha.”
Apa apaan ini ! tersiram air beku rasanya , Acha kalap. Dia mencoba menelpon Raka. Tidak diangkat. No answer? Try again? Yes. Tidak jga dijawab. Try again? Yes. Akhirnya telepon itu diangkat.
            mereka sama sama terdiam, sampai Raka berbicara, “Cha? Jangan nangis. Aku juga gak mau kayak gini. Tapi kalo kita pertahanin adanya aku nyakitin Cha. Aku gak mau. Aku gak kuat LDR-an lagi Cha. Please ,maafin.” Suara Raka yang biasanya tegas ,malam ini parau. Mengilukan hati mendengarnya.
           
Acha masih menangis. Suara ini membuatnya terus merindu. Raka. Tidak bisa hanya seperti ini,batinnya.
            “tapi kita pasti bisa,Ka. Kenapa sekarang gak yakin?”
            “kamu bisa,Cha. Tapi aku enggak lagi” ,pelan kata itu terucapkan. Pelan tapi tetap terucap. Tapi sepelan apapun kata itu terucap,tidak akan mengubah apapun lagi. Tidak ada yang lebih menyakitkan ,melepaskan sesuatu yang tidak ingin dilepaskan.
            “aku ikut aja ya ,Ka. Aku terserah aja. Udah dulu ya Ka.”
Tanpa kata pisah atau apapun lagi, terputuslah pembicaraan itu. Seiring dengan berakhirnya 3 tahun lebih mereka bersama. Dengan airmata, acha mencopot sim card nya dan mematahkannya. Habis sudah.

***

            Dikelas Acha sibuk memberitahu teman temannya nomor barunya. “iya nih aku nomor baru,save ya!”
Mata bengkak,bawahan mata hitam. Wajah pucat. Rasanya sudah cukup ini semua. Mungkin emang gak bisa dilanjutin. Percuma aku maksain keadaan juga. Kita emang jauh,Ka. Jauh…….

2 comments: