Thursday, January 26, 2012

Cerpen : Ulfa Nurkholifah ( @ulfa_nk )

SOMETHING

Pagi-pagi di lapangan basket sekolah!!
            “RAAANDAAA.......” panggil rengga sambil menarik (menjambak) paksa rambut panjang randa.
            “Sekali lagi elo sentuh rambut gue. Bakal gue jadiin pecel lo Ga!!” Ancam Randa sambil mengepalkan jemarinya menyerupai petinju internasional.
            “Galak banget lo?? Hahahha duluan yah gue Randa cantik.” Jawab Rengga tanpa takut sambil sekali lagi ngusilin rambut Randa.
            “ Weeeehh elo ini. Sialan!” sepatu baru Randa melayang ke punggung Rengga. Sambil tertawa dan mengelus punggungnya, Rengga berlari menyepelekan emosi Randa yang mulai naik.
            Rengga dan Randa, dua siswa sekolah Darma Bangsa. Mereka sama-sama duduk di bangku kelas 12 plus. Kelas yang fasilitasnya tidak diragukan lagi. Rengga hoby menjahili Randa. Sedangkan Randa, adalah siswi yang menyukai kegelapan dan kesunyian. Dua karakter yang amat sangat berbeda jauh. Sebenarnya Rengga menyukai Randa. Tapi Randa yang menolak mentah-mentah perasaan Rengga. Bukan karna traoma terhadap percintaan tapi memang sedang ingin sendirian tanpa ada yang mengirimimessage berupa “Sayang lagi dimana?” Atau “Sayang udah makan apa belum?” bahkan pertanyaan yang membuat sebagian besan wanita gerah. Seperti “ Kamu lagi sama siapa? Kok kamu enggak SMS aku?” sungguh menyebalkan itu adalah pertanyaan yang bikin MUMET kepala.


            “Randa.” Panggil bu Rahmi mengabsen murid-muridnya.
            “Saya bu.” Jawab Randa se-Kena-nya.
            “Rengga” giliran Rengga yang di absen.
            “Hadir bu Rahmi cantik.” Goda Rengga. Yang aneh, tu ibu guru malah senyum-senyum nggak jelas saat di godain cowo cakep seperti Rengga.
            “Dih amit-amit. Dasar gatel.” Gumam Randa ngebuat seisi kelas menoleh ke arahnya.
            “Heh kamu Randa, kamu bilangin saya gatel?” ternyata bu Rahmi mendengar ucapan Randa.
            “Yeeee, si ibu geer banget. Ini bu gatel leher saya abis di gigit duplikatnya Drakula.” Bantah Randa sambil memelototi wajah Rengga yang terlihat senyum sumringah.
            “Ohh... saya kira kamu ngomongin saya.”
            “emang buat elo bu tu omongan gue. Elonya aje yang gag sadar.. huh..” batin Randa.

11  BULAN KEMUDIAN.

            Semakin Rengga menghindar maka semakin Randa merasakan kehilangan orang yang sekitar sebulanan ini menghancurkan benteng pertahanannya. Randa menyukai Rengga!!
Tapi sayang Rengga belum tahu. Kini Rengga mulai menjauhi Randa. Sebenarnya bukan kehendak Rengga, tapi kehendak teman-teman Rengga. Teman-temannya berfikiran bahwa Rengga tidak akan bisa bersama dengan Randa karna sikap Randa yang terlihat jelas melakukan penolakan-penolakan terhadap pendekatannya.
            “Rengga....” panggil Randa membuat Rengga menghentikan langkah kakinya.
            “suara ini... suaraaaa yah.. suara RANDA.”  Rengga menoleh.
            “Emmm... maaf.” Dengan ragu Randa mengucapn lirih.
            Rengga menaikan sebelah alisnya sambil menatap wajah Randa yang terlihat gerogi. “Eh kamu.. tumben? Ada angin apa negor?biasanya kan jutek? Galak? Nyebelin?ngeselin.........”
            “Oh nggak suka dipanggil? Yaudah gajadi.”
            “Yeeee... gtu aja ngambek. Kenapa randa? Tumben?” kali ini dengan tampang inocentnya.
            “Enggak apa-apa. Bisa bicara sebentar?” ajak Randa. Tanpa pikir panjang lagi Rengga langsung menarik pergelangan tangan Renda. Membuat jantung Randa mencelos heboh. Nafasnya tak beraturan dan raut wajahnya yang memerah. “Kenapa?” tanya Rengga. Sambil tersenyum karna tahu gimana perubahan suhu yang dirasakan perempuan yang sedang digandengnya ini. “Enggak apa-apa.” jawab Randa kaku.


            “Maaf yah selama ini aku terlalu kasar sama kamu. Maaf karna aku enggak pernah menghargai perasaan kamu.” Randa memberanikan membuka pembicaraan.
            “Aku sayang kamu. Mau jadi pacar aku?”Ucap rennga seketika membuar bola mata Randa melebar.
“nih cowo nggak ada romantis-romantisnya.” Randa membatin Rengga.
            “Kenapa diem? Gue emang enggak romantis. Tapi gue serius.” Tandas Rengga seolah-olah mengerti apa yang ada di fikiran Randa.
            “yelah dukum ni orang kayanya. Tau aja pikiran gue.” Batin Randa lagi.
            “Yah malah bengong. Hey” Rengga mengeraskan volume suaranya hingga Randa terhenyak kaget. “ohh iyah aku mau. Ehh....” terciptalah rona khas seseorang saat sedang malu.
            “oke kalau gitu sekarang kita pacaran.”

3 TAHUN KEMUDIAN

            Kini Randa sudah kuliah di universitas Alfaedro, universitas swasta terbaik di indonesia. Sedangkan Rengga, masuk ke salah satu universitas negeri di jakarta.
            “Randa udah siap?” tanya Rengga. Terasa menegangkan suasana saat ini.
“Yaaaahh siap sih siap. Tapikaan ngeri.”
“Ngeri sama siapa?
“Sama orang tua kamu.”
“Yaaa ampun Randa. Memang ini pertama kalinya kamu ketemu sama orang tua aku. tapikan gag perlu kamu se nerfous ini. Yakan?”
“Iyah sih Ga. Tapi yaudah lah ayo.”
Siang ini Rengga berencana memperkenalkan Randa kepada orang tuanya. Berharap
mereka di beri izin untuk lebih yakin dalam hubungan ini.

JAM 02.00 WIB

            “Papi... Mooommyy...” Rengga memanggil kedua orang tuanya. Dan tak lupa adik tunggalnya Rasel.
            “ Hay sayang... mana calon menantu mommy? Udah enggak sabar nih pengen lihat.”
            “Yaahh mommy masih lama juga.”
            “Yah gapapa dong. Kan enggak salah kalau mommy berharap lebih dikit. Iyah kan?”
            “Terserah mommy aja deh yah..”

            “Sayang sini... ini orang tua aku. dan mom ini Randa perempuan yang sering aku curhatin ke mommy dan janji mau aku bawa kesini.
            “Ohh may god. Cantik sekali sayang. Tapi mommy agak familiar dengan wajah cantiknya.” Terlihat semburat sentum menawan mengembangdi wajah Randa.
            “Nama lengkap aku Randa Artamerra tante, om.”jawab Randa kalem sambil bersalaman dengan kedua orang tua Rengga dan tak lupa menyapa calon adik iparnya.
            “Kaammuu... Artamerra?” tanya Momy rengga ulang.
“Iyah tan, itu nama Mommy aku.”
“Jadi kamu... Mommy tidak merestui hubungan kalian. Mommy minta kamu putuskan dia sekarang juga.”
“Loh my. Kenapa? Apa salah Randa? Perasaan tadi Mommy muji-muji Randa. Dan Mommy suka sama dia?”
“Pokoknya Mommy bilang tidak ya tidak. Ngerti kamu?” sahut Mommy rengga sambil pergi meninggalkan mereka.
Wajah Randa terlihat panik mendengar ucapan mommynya Rengga.
            “Tante Friska?” ucap Randa speechles. Membuat Rengga berhenti memanggil Mommynya dan memuat si Rasel menoleh heran. Hanya papI eRngga yang tak kaget dengan ini. Karna dialah kunci masalah ini.
“Sayang? Kamu tau nama mommy? Kaliaan?” Rengga bingung.
            “Artamerra..!! Artamerra dia adalah SELINGKUHAN DADDY KAMU, RENGGA.”
            Semua terhenyak kaget. Terutama Rengga. Ternyata keadaan keluarga Rengga sedang ada di ujung tanduk.


THE END J

No comments:

Post a Comment