Thursday, January 26, 2012

Cerpen : ESTIKINATIC

The First and Last Day

kadang hidup itu gak seindah yang gue pikir. Gue kehilangan penglihatan gue, harta gue, dan sahabat gue. Orang yang dekat dengan gue kini menjauh. dan orang yg jauh dari gue kini mendekat. ntah lah hidup memang terkadang aneh dan tidak bisa dijelaskan.
 Semua ini berawal sejak gue menjadi anak baru di sebuah SMK di Jakarta. Karna kekayaan yang dimiliki keluarga gue, tak dapat dipungkiri dalam waktu 1 minggu, gue berhasil bergabung ke dalam sebuah genk ternama disekolah itu.
setiap hari gue balik malam. sering pergi ketempat-tempat yang nggak jelas. gue sering hura-hura. yaa itulah gue. gue ngerasa uang adalah segalanya buat gue. karna dengan uang gue bisa dapet teman dengan mudah. dengan uang gue bisa senang-senang kayak gini. uang bikin gue jadi seperti ini. gue bangga dengan hidup gue saat itu.  Pergaulan gue slama dijakarta emang udah gila
suatu malam saat gue udah OD minum, ada cowok ngedatengin gue, gue gak tau dan gak kenal dengan tuh cowok,. cowok itu ngebawa gue kesuatu ruangan dan gue ngikut gitu aja. Gue gak tau apa aja yg udah gue perbuat semalam. Dan pas gue sadar, ternyata gue ada disebuah rumah kosong. Sendiri.
gue kalut. sumpah gue takut, gue tadi malam ngapain? gue gak tau harus ngapain!! gue lari saat gue mulai sadar, segera gue ambil cardigan gue gue lari sekenceng-kencengnya. namun sayang saat gue lari gue mengalami kecelakaan. dan itu awal dari kebutaan gue ini. Uang gue habis buat operasi gue karena kecelakaan ini . Dokter udah usaha maximal , tapi apa daya , Tuhan berkata lain .
Kehidupan gue berubah 180 derajat. Sekarang gue gak punya apa-apa lagi. Semuanya habis untuk pengobatan mata gue dan akhirnya gue tetap aja buta. Tuhan mungkinkah ini balasan atas semua perbuatan gue? yah mungkin saja ini memang.
saat ini gue ngerasa benar-benar sendiri. dunia gue gelap. semua dunia gue memang gelap. gue takut, gue sendirian. gue gak tau harus gimana lagi. sekarang gue dan kelarga gue pindah ke villa gue yang masih belum disita. gue tinggal disini, awalnya gue ngerasa kesepian, sampai akhirnya gue ketemu dengan igo. cowok yang dulunya jadi penjaga villa gue. Dia beri gue semangan buat jalani hidup ini, dia cerita semua yang gak bisa gue lihat, dia selalu nemenin gue.
 oke igo. awalnya gue takut banget untuk keluar rumah. gue gak berani untuk dilihatin atau diperhatiiin orang-orang.  dia sering ngeboncengi gue disepedah ontelnya. dalam gelap gue bayangins semuanya. apa yang gue lewati, dan mulai saat itulah gue sadar kalau dunia gue gak segelap dulu. bahkan lebih terang sebelum gue kehilangan penglihatan gue ini.
papa mama gue sekarang nyari kerja dimana-mana, pengen gue bantu, tapi gue buta dan gue gak bisa apa-apa. ingat itu gue marah sama diri gue sendiri, gue merasa bodoh karena udah nyusahin orang tua gue, gue berfikir kenapa dulu gak sekalian aja gue mati !! gue juga nyesel karena dulu gue selalu ngebuang-buang uang.
Awal pemikiran gue dulu, sebelum ketemu igo. tapi tetep aja gue ngerasa gak berguna. gue cuma buang-buang uang orang tua gue buat ngerawat gue tiap hari, gue cuma nyusahin orang-orang disekitar gue. kemaren gue diajak igo pergi. gue awalnya gak mau, tapi igo tetep ngebujuk gue. ternyata igo bawa gue ke telaga.  gak jauh dari villa gue sekarang
igo ceria telaga itu indah banget, bersih kayak belum pernah didatengin orang, dalam dunia gue yang gelap gue bayangin semua itu gue bisa ngebayanginnya berkat igo. ditelaga ini gue ngerasa damai banget, pikiran gue jadi jernih kayak dapet otak baru dari tuhan. gue ngerasa genggaman tangan igo mulai menegang, entah mengapa tapi igo sudah tak bersuara lagi
 rasa yang tak biasa gue rasain. tenang, nyaman,damai, adem. pokoknya semuanya deh. ntahlah gue juga gak ngerti sebenarnya ada apa dengan gue. yang gue tau sekarang igo diam. tak lama terdengar seseorang memanggil igo. suara cewek. gue gak tau itu siapa, namun saat igo mendengar suara itu igo ninggalin gue dipinggir telaga. Gue seperti kenal suara cewek  itu. gue ngerasa kalo igo menghampiri cewek itu. gue gak tau apa yang igo bicarain dengan cewek itu, namun saat igo balik menghampiri gue, gue ngerasain ada yang beda. ada yang gak beres dengan igo.
 ‎"ga, maafin gue. gue harus pergi" kata igo seraya menjauh dari gue.
"tapi go.." pinta gue sambil berusaha menghentika igo.
"iga, ada yang harus gue selesikan. maafin gue ga, gue harus pergi sekarang, elo tunggu aja. ntr gue suruh orang untuk ngejemputlo" kata igo sambil setengah berteriak. gue cuma bisa diam, gue terduduk. dan lagi-lagi gue ngerasin dunia gue benar-benar gelap.
 Gue gak tau kenapa gue sedih waktu igo ninggalin gue sendirian. bukankah kalo gue sendirian itu emang udah biasa? Dulu malah gue yang ninggalin igo? tapi ini beda, ada hal yang gak gue relain waktu igo pergi sama cewek itu. gue nangis, berat gue ngejalanin semua ini, tanpa igo
Ntah apa yang ngebuat igo pergi dari gue. gue gak tau. saat gue nunggu jemputan dari orang suruhan igo gue ngerasa ada orang yang menghampiri gue. orang itu bukan igo ataupun orang suruhanya tapi.orang lain. seorang cewek yang datang-datang langsung meluk gue. gue kageet.gue denger suaranya ternyata dia tara. sahabat gue.
‎"ngapain lo kesini?" tanya gue sambil mencoba melepas pelukan tara
"maafin gue ga, gue gak bermaksud ninggalin lo" tapa mengangis dan mengeratkan pelukannya
 ‎" gimana yang lo maksud gak bermaksud?" tanya gue jengkel
"Ada hal yang ilang waktu gak sama lo"
"surprise, lo ninggalin gue karna gue miskin" gue berdiri dari pinggir telaga lalu berjalan menjauhi tara, Namun gue jatuh, taralah yg ngebantu gue,tapi gue mencoba membangun sendiri. gue gak mau dibantu sama tara. tara udah jahat sama gue dia hanya menjadi temen gue saat gue kaya dan saat awal gue miskin gue buta tara sama sekali gak datang gak menemani gue. tara hanya membutuhkan uang gue pertemanan gue sama dia hanya karena uang yang gue punya. TARA JAHAT teriakku geram dalam hati. sambil gue mencoba berdiri dan menghindari tangan tara yang mencoba memegangku.
"ngapain lo disini" geramku
 ‎"maaf ga" tara menangis disamping gue, jujur gue gak sanggup liat tara nangis. Tapi kali ini !! Gue harus tega
"tolong tar tinggalin gue" pinta gue,, gue harus nahan air mata supaya gak nangis di depan tara
"gue akan nebus semuanya" kata tara
Gak tau kenapa akhirnya gue luluh. Tara gue biarin ada disebelah gue, yaa itu yang gue rasain, kalo tara memang ada disebelah gue, gue dengar jeda nafasya tidak beraturan,. dia masih menangis.
gue raba, dan gue cari tangan tara gue genggam tangan itu. perasaan gue bilang kalau tara lagi senyum ke gue.
Gue gak tau tara bener-bener tulus apa gak. yang gue tau sekarang dia lagi nangis di sebelah gue. kenapa tara baru hadir sekarang? gue bingung dan kenapa segampang itu gue maafin semua kesalahan tara yang udah ninggalin gue begitu aja. tara jahat itulah yang gue rasakan tapi tetap aja gue gak tega dengar dia nangis. gue gak tega!
 Gue ngerasa tara narik gue. yaa tara ngajakin gue balik. gak tau kenapa gue ngikut aja dia ajak balik. karna gue ngerasa dia memang udah bener-bener berubah untuk gue. namun saat jalan gue ngerasin kultur tanah yang berbeda dengan yang gue lewatin tadi dengan igo. ntahlah. gue gak tau ini memang gue aja yang kurang peka. atau tara memang sengaja bawa gue ketempat lain. tapi kalau iya tara mau ngajakin gue kemana.
 Gue bingung, berusaha mengigat kali aja gue salah. tapi bener ini bukan tempat yang pertama igo bawa gue kesini. tara mau bawa gue kemana. gue pengen lepas tangannya tapi ada perasaan yang membuat gue mengurungkan niat itu karena kurang lebih gue yakin tara gak akan nyelakain gue. tapi gue salah.
Ternyata tara ngebawa gue ketempat lain yaa jelas gue gak tau ini tempat apa, tapi dari atmosfer yang gue rasa ini hutan.iyaa ini hutan. tak lama gue ngerasa tangan tara nggak ngenggam tangan gue lagi. dan yap, tara ninggalin gue ditengah hutan gue yang buta,, yang gak tau jalan ditinggalin ditengah hutan kayak begini,. amzing tara. elo emang gak berubah!! diem-diem nusuk!
 ‎"tara lo dimana? sialan lo yah gak berubah, nyesel gue maafin lo" gue teriak . tidak ada suara selain suara gue, gue takut. ini dimana? ini bener-bener tempat asing. gue berusaha mencari jalan. gue meraba-raba mencari sesuatu. bruuukkk gue nabrak. sakit sekali kepala gue. gue raba pelan-pelan ini bukan pohon ini manusia. tapi ini siapa, ini siapa?
 ‎"lo siapa?" tanya gue saat yakin itu emang manusia
"siapa gue" ulangnya diiringi tawa
"jangan aneh-aneh lo sama gue" ancam gue,jujur sebenernya gue takut banget
"lo mau tau siapa gua?" ledeknya
"iya lo siapa? terus gua dimana!?" tanyaku geram
"ikut gue lo, gak usah banyak cincong!" ada suara lain lagi, gue kenal suara ini, ini suara ah gak masa iya dia sejahat itu sama gue. gue takut, bingung.
 Kali ini suara itu terdengar lagi dan bener itu igo, kenapa igo disini? Tanya gue dalam hati. gue dibawa sama igo.gue gak tau sekarang gue berhenti dimana. Yang pasti Gue ngerasa kalo gue ada didalem ruangan rasanya pengap bau asap rokok dan minuman beralkohol sangat kental gue cium
"lo mau apain gue" gue coba buat ngelawan
 ‎"gak mau apa-apain lo kok" jawab igo santai
"sialan lo, jadi selama ini?" suara gue bergetar
"yap bener sekali, selama ini gue  sama tara" jawab igo santai
"lepasin gue bego, lepasin gue!!" gue berusaha ngelepasin tangan gue saat tiba-tiba igo megang lengan tangan gue. tentu aja igo gak sebodoh yang gue kira, dia gak akan lepasin gue
sumpah gue gak nyangka. awalnya gue pikir igolah yang terbaik. tapi kenyataanya, dialah yang nusuk gue pelan-pelan namun pasti!
Dunia gue benar-benar gelap. tidak hanya dulu saat segalanya bisa gue raih, sekarangpun dunia gue semakin gelap. mata, harta, kebahagiaan, bahkan teman yang bisa gue percaya pun gue gak punya. sekarang gue harus gimana? Gue nggak punya siapa-siapa selain orang tua gue.
 "Gue dimana" gue tanya pada igo meskipun yakin dia gak akan ngasih tau
"lo disini lah, sama gue" kata igo
"balikin gue go" gue teriak
"mau balik ke mana?" gue rasa dia tertawa
"ke villa bego" beneran geram gue sama dia.
PLAKK, dia tampar gue. Gue pegangin pipi gue ,Gue rasa pipi gue mulai merah kena tamparan dia , mata gue pun mulai berkaca-kaca , dan bulir-bulir bening itu pun turun dari mata gue
"Hahahaha" dia tertawa lebar "lo nangis ? " tanya igo
‎"lo tampar gue" ucap gue disela tangis
"kenapa? Kurang?" dia ketawa keras
"kenapa go?" gue tanya sambil terus nangis
"lo tanya kenapa? lo gak sadar" dia megang dagu gue erat
"lepas go sakit" Gue ngerasa kesakitan
 ‎"diem lo!! berisik!!" igo membentak dan mendorongku ke dinding hingga jatuh terduduk.
"aaww.." kurasakan punggung dan pantatku memanas. "apa sih mau lo?!!" suaraku bergetar menahan tangis.
 ‎"hahahaa gue dendam tau gak sih sama lo!" bisiknya
"dendam apa?" tanya gue
"dendam waktu dulu saat lo kaya gue dijadiin sampah buat lo"
"sampah?" tanya gue bingung "apa maksud lo?"
"lo gak sadar!?" bentaknya gue bingung apa yang pernah gue lakuin sampe igo marah sama gue?
‎"gue gak pernah anggep lo sampah."
"bullshit!! lo tuh belagu banget dulu, mentang-mentang lo punya duit. Lo bahkan dulu cuek sama gue, sekarang..." Igo berhenti sejenak "lo lari ke gue waktu butuh doang!! nyadar woii!!" Igo geram.
 
 ‎"maaf go, tapi sumpah gue gak pernah anggep lu sampah!" sesalku
"ah alasan lu udah basi" kelah igo
"sekarang lu maunya apa?" geramku putus asa
 ‎"gue mau lo ngerasa apa yang gue rasain dulu" dia mendorong gue lagi, kali ini punggung gue perih, gue gak tau apa yang gue tabrak
"igo maaf" gue berusaha melembut
"maaf lo gak ada harganya bego" dia teriak ke gue
 kayanya ini jalan terakhir gue. kayanya bentar lagi gue mati, gue bingung sama mereka gue udah buta, tapi mata gue ditutup juga. gue emang ditakdirkan untuk mati tanpa boleh melihat indahnya dunia lagi. gue pasrah! Sesaat gue dengar suara langkah kaki lain. Sepertinya ada seseorang yang datang? siapa dia?
 suara langkah kaki orang itu semakin mendekat kearahku yang masih terduduk di lantai.
"halo manis.." ternyata suara itu tara, dia menyentakan daguku.
"tara?" gumamku.
"belum mati juga lo?" tara dan igo tertawa.
"kalian sebenarnya mau apa dari gue?!" suaraku tertekan karena tara belum melepas tangannya.
"mau kita??" tara menggantungkan kalimatnya.
 ‎"lo mati" tara melepas dagu gue dengan kasar
maksud lo berdua apa ?" tanyaku dengan wajah kaget. Igo dan tara pun tersenyum sinis mendengar pertanyaanku.
"Lo itu tuli ya, gue sama igo pengen lo mati.." ucap tara.
"lagian kehidupan di dunia ini juga udah gak penting bagi kami berdua"ucap igo dingin.
 ‎"gue emang pengen mati" jawab gue jujur "dunia gue gelap, gue emang banyak salah sama lo berdua. so kalo mau bunuh gue. gue udah siap" gue menantang
"oh mau lu gitu" tantang tara "ambil cambuk go"
"sip" jawab igo
"udah siap" tanya tara berapa lama kemudian
Gue  gak menjawab "oke" terdegar suara igo "siap yah" igo melayangkan cambuknya tetapi ternyata... loh gue kok gak ngerasain sakit?? ternyata ada seseorang
 ‎"lo bedua gak bisa seenaknya gitu sama iga!" kalimat datar namun tegas itulah yng terlontar dari seorang cowok yang nolongin gue
"shit!! Siapa lo!" bentak igo "mending sekarang lo pergi, dan jangan ikut campur urusan kita.!!" Suara igo terdengar marah.
tapi cowok itu tidak memperdulikan bentakan igo. Kemudian dengan cuek, dia malah membantu gue untuk berdri. gue ngerasain sesuatu yang berbeda dari cowok disebelah gue ini. Sekarang  cowo itu malah merangkul bahu gue dan membantu gue buat berjalan.
"jangan sok jadi pahlawan lo!!" igo mendorong bahu cowo itu.
"lo diem di belakang gue." bisik cowo itu ditelinga gue. belum sempat gue menjawab, cowok itu telah hilang dari sebelah gue. dan gue ngedengar suara pukulan. Ternyata dia memukul igo
"jangan pernah macem-macem sama cewek ini ataupun gue!" cowok itu berkata pelan namun tajam kepada igo dan tara.
 gue sempat terpaku dengan tindakan cowok ini. Tak lama setelah itu dia memapah gue keluar dari tempat ini. Gue dari awal ngerasain ada keganjilan disini. tapi gue masih belum berani mengutarakan keganjilan yang gue rasain. Tak lama terdengar suara cowok itu memecahkan keheningan diantara kita berdua
"oke, sekarang gue hrus nganter lo kemana?"
"kayaknya  kita belum kenalan kan?Soalnya gue gak knal sama suara lo...Emm sory..Bukannya gue gak tau terimakasih. Gue berterimakasih banget atas bntuan lo krn udh nolong gue. Tp gue bnran blom kenal elo, jd........" gue belum selesai ngomong tapi gue ngerasa seperti ada yang nyentuh pundak gue
"lo gak usah khawatir..Lo bakal aman kalo sama gue.Nama gue Gio" nada bcranya halus disertai senyumnya yg manis. Meski gue  gak bisa lihat senyum itu, tapi gue bisa bisa ngerasain kalau Gio lagi senyum dengan gue. dan karena itu juga gue tersenyum kepada Gio
‎"nama gue.."
"lo iga kan?" gio memotong omongan gue.
"hah? kok lo tau?" gue bingung.
"hahaha..Gak usah aneh gitu kali. Santai aja. So....Kita mau kemana sekarang!??" tanya Gio halus smbl tersenyum kecil.
"terserah lo aja. Karena gue emang gak tau harus kemana lagi” kata gue dengan nada suara yang sedih
"oke..Eemmm" tanpa berfikir panjang, gio ngegadeng tangan gue. menuju motor satrianya dan pergi ke tempat yang lebih baik untuk  situasi yang sekarang.
 ‎"sebenernya lo siapa sih?" gue bertanya saat motor Gio berhenti.
"gue bukan siapa-siapa lo." Gio membantuku turun dari motor. "..tapi akan jadi seseorang yang berarti buat lo" lanjutnya.
_________
Gue gak begitu yakin dengn apa yang gue rasain sekarang, tapi gue juga gak bisa nolak perasaan ini. Perasaan yang baru dan aneh. Gue jatuh cinta. Meski gue gak bisa ngeliat tampangnya Gio, tapi entah kenap gue bisa punya rasa ke dia. Dan gue juga bisa ngerasa kalo Gio ada rasa buat gue.
"sekarang lo duduk dulu." kata gio lembut.
"kita dmana?" 
"lo percaya sama gue kan??Jadi lo tunggu dulu disini." kemudian gio meninggalkan iga yang duduk sendiri disebuah tempat yang amat sangat asing untuknya.
“kita dimana.? Tanya gue lagi” berharap mendapat jawaban dari gio
“hemmm.” Terdengar gio menarik nafas “ kita lagi diatas gunung. Elo ngerasain suasananya nggak?” tanya gio
“jelas. Gue ngerasa kalo disini tenang. Nyaman banget dengan gue. seandainya gue bisa ngelihat. Pasti semua ini akan lebih menakjubkan” kata gue. tanpa gue sadari air mata gue netes.
“suatu saat lo pasti bisa ngeliat lagi.” Kata gio nenangin
“oh iya. Gue masih belum terlalu tau tentang lo gio. Lo siapa sebenarnya?” kata gue
“gue?” tanya gio “gue yaa Gio, Gio Argan Arifadlan. “ jawab gio menyebutkan nama panjangnya dengan ragu.
“ nama belakang lo sama kayak nama belakang gue yo. Gue Iga Argareta Arifadlan” kata gue bingung.
“hahahahahha kebetulan aja kali tuh” kata gio sambil tertawa.
“masa sih?” kata gue ragu “gimana bisa? Itu kan nama bokap gue. nah lo ngambil nama Arifadlan dari man?” tanya iga
“emmm” gio tak meneruskan ucapannya,. Kalau saja iga bisa melihat wajahnya sekarang yang pucat pasi. “emmm gak tau juga gue tanya ama bonyok gue aja.” kata gio dengan sedikit terbata-bata.
“lo kenapa?” tanya gue.
“gak apa-apa. Balik yuk. Udah sore loh” kata gio
“ah yang bener?” kata gue gak yakin kalo hari udah sore
“liat aja sendiri” kata gio sambil bercanda
“ah jangan ngaco lo. Gue kan gak bisa liat” kata gue,. tak lama gue ngerasa gio udah nuntun gue jalan. Saat gio megang tangan gue jantung gue berdebar begitu cepat, sampai-sampai gue gak tau jantuk gue masih berdenyut atau enggak,
Gio membawa gue pulang. Saat itu gue ngerasain sedang gerimis, rintik-rintik hujan yang mulai deras membuat Gio memacu motornya lebih cepat. Gue memeluk Gio dengan erat, saat itu gue ngerasa nyaman banget. Entahlah. Diatas motor dengan kecepatan tinggi gue ngerasa melayang. Saat gue dalam angan-angan. Dalam imajinasi gue, tiba-tiba gue ngerasa kalo motor yang Gio kendarai jatuh, gue ngerasain sakit. Tapi gue masih sadar, gue berteriak manggil nama Gio. Gue gak tau dia dimana, yang gue denger tadi sepertinya ada suara jatuh kejurang. Mungkin saja sebelah gue sekarang adalah jurang. Gue gak tau! Gue berteriak manggil nama gio tapi gak ada satu kali pun gio ngejawab panggilang gue! gue makin kacau. Gue pengen jalan, ngeraba-raba. Tapi gue takut, kalau disebelah jalan ini benar-benar jurang, gak nutup kemungkinan gue yang buta ini akan jatuh kesana.
Sekarang gue Cuma bisa berteriak minta tolong, menangis dan terus memanggil nama gio. Sampai gue sadar gue ngedenger suara mobil. Gue ngeraba ketengah jalan aspal dan duduk ditengah-tengah jalan sambil memeluk kedua kaki gue. orang dari dalam mobil keluar saat dia ngeliat gue duduk ditengah jalan.orang itu nanya gue kenapa gue sendirian ditengah jalan. Gue berfikir.sendirian? it artinya Gio gak ada disekitar gue. dan saat itu gue nangis histeris, cowok yang keluar dari mobil itu lalu ngebawa gue masuk kedalam mobil, disana gue tau ada sekitar 3 orang didalam mobil udah termasuk dengan cowok yg nolong gue tadi. Waktu gue masuk mobilnya gue ngedenger seorang ibu-ibu nanya ke gue. mungkin ibu itu mamanya cowok yg nolong gue.
“kamu kenapa dek?” tanya ibu itu halus.
“te..men s...aya bu.. ttadi saaya ngalamin kecelakaan, dan saya terlempar ke kanan jalan. Saya gak tau temen saya itu dimana. Tapi yang saya denger tadi ada suara yang jatuh ke jurang bu.”kata gue disela-sela isakan tangis gue.
“hah?” ibu itu terkejut. “ pah tolong telfon polisi cepetan. Kasian anak ini, pasti temannya jatuh dan terlempar ke jurang!”kata ibu itu, sepertinya dia sedang menyuruh  suaminya.
“ elo tinggal dimana?” tanya cowok tadi tiba-tiba
“gue tinggal? Gue lupa daerah gue tinggal sekaarang. Gue gak tau di bawa ke villa yang mana. Gue buta!” kata gue masih menangis
“yasudah kamu kerumah kami ya, kita tunggu polisi sebentar lagi datang untuk nyari temen kamu. Sekarang kamu jangan nangis lagi” kata ibu tadi sambil meluk gue,.
____________
Gue sekarang ada dirumah keluarga cowok tadi yang nolongin gue. Khelo namanya, gue beruntung banget ketemu sama keluarga khelo yang baik banget sama gue. mau nolongin gue, dan namoung  gue beberapa jam disini. Waktu gue termenung di teras rumah khelo. Khelo ngampiri gue dan bilang kalo Gio udah ketemu, dia masih hidup. Gue seneng banget. Tapi saat gue tau Gio lagi koma dan sudah sangat sulit untuk ditolong gue kembali nangis. Saat itu juga gue minta tolong kepada khelo buat nganterin gue kerumah sakit.
Gue sampai dirumah sakit. Sekarang gue lagi duduk didekat gio. Entahlah gue gak tau apa yang gue rasain. Gue baru aja kenal gio gak lebih dari 20 jam. Tapi gue udah punya perasaan yang kuat dengan dia. Gue sendiri gak tau apa! Gue pegang tangan gio, gue ngomong disitu. Gue kasih tau apapun. Karena gue dengan gio belum saling ngenal satu sama lain. Tiba-tiba gue ngerasa kalo gio genggam tangan gue. kuat. Gue tau itu tandanya gio dengerin gue.
Gak lama gue ngerasa papah gue dateng, gue bisa denger suaranya saat dia manggil gue dari depan pintu saat dia mau masuk keruangan ini.  Papah ngeliatin Gio. Saat itu juga papah nangis gue gak tau kenapa! kenapa bisa papa nangis. Baru kali ini gue denger papa nangis dan meluk gue. dan saat itu papa ngebisikkin gue “ini abangmu iga. Mungkin kamu gak inget, bahkan belum sempat tau kalo ini abangmu. Ini abang kandungmu dari papa dan mama. Dulu Gio pernah hilang selama 2 tahun dirumah sakit saat mama ngelahirin kamu. Dan dia ketemu, dia dirawat oleh keluarga yang sangat baik. Sejak saat itu Gio gak tinggal lagi sama kita. Dia tinggal dikeluarga barunya, yang kebetulan keluarga itu gak mempunyai anak. Dan saat itu mama sama papa ngelepasin Gio, dia bahagia dikeluarga itu, mama dan papa masih sering ngunjungi gio,. Tapi belum sempet untuk ngajak kamu ketemu dengan gio. Dan tadi pagi gio dateng ke villa, papa suruh dia nyusulin kamu. Maafin papa sama mama udah nyembunyiin ini dari kamu ga” kata papa panjang lebar dan saat itu juga gue tersenta gue bingung! Jadi perasaan saring ketertarikan dari gue dengan gio adalah karena gue dengan gio ada lah kakak adik.
Tak lama mama datang, mama langsung meluk gue. gue nangis-bener nangis dalam genggaman tangan gio. Mama sama papa Cuma bisa diem. Gue gak ngerti kenapa orang tua gue sendiri ngebohongin gue kayak gini!
______
Gue masih ngegenggam tangan gio, mama sama papa ada diruangan ini. Mungkin sedang tertidur karena gue yakin mereka sangat capek. Gue ngerasain lagi tiba-tiba genggaman gio ketangan gue begitu kuat, sampai tangan gue kerasa sakit. Dan tak lama genggaman itu lemas kembali, disusul dengan suara dari alat denyut jantung itu berbunyi keras! Gue nangis. Gue histeris! Mama sama papa langsung ngebawa gue keluar ruangan disusul dengan beberapa dokter dan suster yang masuk keruangan itu. tak lama seorang dokter keluar, dan papa menanyakan gimana? Dan jawaban dokter itu tak berhasil, sudah tidak bisa ditolong.
Gue langsung nangis! Gue malah sempat pingsan saat tau ini semua. Dalam sehari saja gue udah ngalamin banyak hal yang berat! Hari ini Gak bakal gue lupain untuk selamanya!!
Tak lama papa ngampirin gue dan meluk gue. dia bilang kalo gue akan dioprasi! Mata gio cocok dengan mata gue, dan gue akan dioprasi secepat mungkin. Gue awalnya nolak. Tapi gue inget, gio pasti akan sedih kalo gue akan terus dalam keadaan seperti ini. Akhirnya gue terima itu dan besoknya gue langsung menjalani oprasi.
______
Seminggu setelah kematian Gio gue baru bisa kepemakamanya. Gue belum sempat ngeliat gimana tampang gio,. Gue belum sempat tau gimana gio abang gue sebenarnya. Gue hanya kenal gio dalam waktu satu hari. Baru bertemu dan langsung terpisahkan!
Gue duduk disebelah makam Gio sambil ngelihat batu nisan itu. Gio Argan Arifadlan. Mata ini mata elo yo. Elo emang abang yang terbaik! Gue baru tau kalo gue punya saudara, dan gue juga baru kehilangan saudara gue itu. tapi paling enggak ada bagian tubuh elo yo yang ada di gue. dan gue akan jaga ini dengan baik. Makasih yo sebelumnya.
Gue bakal nunjukin ke elo kalo gue gak akan nyia-nyiain mata pemberian elo ini. Ini hadiah terindah yang pernah gue terima dari siapapun. Thanks gio. Jangan lupain gue. gue yakin nanti kita pasti akan bertemu, dan elo mesti ngejagam dan ngelindungi gue lagi, bagaimana semestinya sikap seorang abang. Gue nangis lagi disini. Membasahi tanah tempat gio dikubur.
 

No comments:

Post a Comment